Visi dan Misi Kabupaten Cianjur

Visi dan Misi Kabupaten Cianjur, tantangan berat yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk meningkatkan kemakmuran masyarakatnya disebabkan karena masih tingginya laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Cianjur.Dengan Laju Pertumbuhan Penduduk ( LPP ) sebesar 1,96 % per tahun pada tahun 2005, maka berbagai masalah sosial misalnya pengangguran dan kemiskinan akan lebih sulit diatasi. Masalah yang menghambat upaya peningkatan kesehatan penduduk Kabupaten Cianjur terutama berkaitan dengan munculnya penyakit-penyakit berbasis lingkungan juga akan sulit diatasi, disamping persoalan tidak tekendalinya eksploitasi sumber daya alam yang juga dihadapi.

Kehendak kuat untuk memperbaiki kondisi tersebut merupakan driving forse yang akan menggerakan Kabupaten Cianjur untuk mencapai kemakmuran masyarakat yang lebih tinggi. Ukuran kemakmuran yang digunakan dalam upaya meraih cita-cita ini adalah peningkatan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ). Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Cianjur periode 2006-2011 mengarahkan upaya pembangunan pada akselerasi pencapaian IPM tersebut dengan visi dan misi sebagai berikut :

VISI

CIANJUR LEBIH CERDAS, SEHAT, SEJAHTERA DANBERAKHLAQUL KARIMAH.

MISI

Pernyataan misi pembangunan jangka menengah Tahun 2006-2011 :

* Meningkatkan akses terhadap pendidikan yang bermutu.
* Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
* Meningkatkan pembangunan ekonomi yang berbasis potensi lokal.
* Meningkatkan pembinaan akhlaqul karimah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Misi ini ditetapkan untuk menyelesaikan persoalan bagaimana agar IPM Kabupaten Cianjur dapat terus meningkat secara signifikan sampai akhir periode jangka menengah 2006-2011. Dengan memahami kondisi Kabupaten Cianjur saat ini, maka misi yang dipikul dalam rangka mencapai Visi berkaitan erat dengan butir-butir dalam pernyataan misi di atas.

MISI KE SATU :

MENINGKATKAN AKSES TERHADAP PENDIDIKAN YANG BERMUTU

Akses terhadap pendidikan yang bermutu akan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Cianjur guna menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu hidup masyarakat Kabupaten Cianjur itu sendiri.

Adapun sasaran yang hendak dicapai adalah :
  • Meningkatkan Rata-Rata Lama Sekolah ( RLS ) dari 6.42 pada tahun 2005 menjadi minimal 9 pada tahun 2011 (naik 2,58 point).
  • Meningkatkan Angka Melek Hurup ( AMH ) dari 97,55 pada tahun 2005 menjadi 99,96 pada tahun 2011.
  • Meningkatnya kualitas pendidikan yang berakhlakulkarimah.
  • Berkembangnya seni budaya daerah yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

MISI KE DUA :

MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT

Kondisi kesehatan akan mempengaruhi kesiapan msyarakat untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari dalam rangka memperoleh penghidupan yang lebih baik.

Permasalahan yang ada pada masa periode 2001-2005 adalah :
  • Belum optimalnya pembinaan pola hidup bersih dan sehat pada masyarakat.
  • Rendahnya derajat kesehatan lingkungan.
  • Rendahnya kualitas dan keterjangkauan, serta kurang meratanya pelayanan kesehatan.
Sasaran yang hendak dicapai :
  • Meningkatnya Usia Harapan Hidup ( UHH ) dari 65.33 tahun 2005 menjadi 67,50 pada tahun 2011.
  • Menurunnya Angka Kematian Bayi ( AKB ) dari 52,40 per seribu kelahiran pada tahun 2005 menjadi 48,00 per seribu kelahiran pada tahun 2011.
  • Menurunnya Angka Kematian Ibu Melahirkan dari 362 per 100.000 ibu melahirkan pada tahunn 2005 menjadi 355 per 100.000 ibu melahirkan pada tahun 2011.
  • Menurunnya prevalens Giji Kurang pada anak dari 1,3 pada tahun 2005 menjadi 1,0 pada tahun 2011.
  • Menurunnya Angka kelahiran dari 2,45 pada tahun 2005 menjadi 2,20 pada tahun 2011.
MISI KE TIGA :

MENINGKATKAN PEMBANGUNAN EKONOMI YANG BERBASIS POTENSI LOKAL

Tingginya angka penduduk miskin dan angka pengangguran, degradasi Sumber Daya Alam, serta persaingan ekonomi regional-global merupakan suatu tantangan strategis yang harus dihadapi dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah. Pemecahan yang paling dapat mengakomodasi semua permasalahan tersebut adalah melalui perluasan kapasitas fiskal daerah dan perluasan basis produktif sektor ekonomi rakyat.

Permasalahan yang ada pada masa periode 2001-2005 adalah :
  • Kurangnya pengembangan potensi lokal perwilayah pembangunan.
  • Kurangnya lapangan kerja.
  • Kurangnya pemberdayaan koperasi dan usaha kecil menengah.
Sasaran yang hendak dicapai :
  • Meningkatnya Laju Pertumbuhan Ekonomi ( LPE ) dari 3,82 persen pada tahun 2005 diestimasikan menjadi 4,66 persen pada tahun 2011.
  • Lebih baiknya pemerataan pendapatan, yang ditunjukan dengan Gini Ratio pada tahun 2005 sebesar 0,192 diestimasikan mengalami kenaikan pada tahun 2011.


MISI KE EMPAT :

MENINGKATKAN PEMBINAAN AHKLAQUL KARIMAH DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA.

Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara warga Cianjur yang dikenal religius merupakan modal dasar dalam menyukseskan pembangunan manusia. Pembinaan akhlak menuju akhlakulkarimah bagi seluruh pelaku pembangunan Kabupaten Cianjur menjadi suatu keharusa yang tidak bisa diabaikan untuk mengisi kehausan dan kehampaan spiritual yang umumnya menyertai pesatnya kemajuan pembangunan masyarakat suatu daerah.

Permasalahan yang ada pada masa periode 2001-2005 adalah :
  • Belum berkembangnya keterpaduan pendidikan fomal, non formal dan informasi yang dilandasi nilai-nilai ahklakulkarimah.
  • Belum meratanya dukungan terhadap lembaga-lembaga keagamaan.
  • Belum berkembangnya aplikasi nilai-nilai ahklakulkarimah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan benegara.
Sasaran yang hendak dicapai :
  • Meningkatnya pembinaan kerukunan antar umat seagama, antar umat beragama dan antara umat beragama dan pemerintah (tri kerukunan).
  • Meningkatnya kesalehan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Baca Selengkapnya:

    0 komentar:

    Post a Comment